Apa itu docker? dan penjelesanya

Docker adalah layanan yang menyediakan kemampuan untuk mengemas dan menjalankan aplikasi dalam lingkungan terisolasi yang disebut container. Dengan isolasi dan perlindungan yang cukup, Anda dapat menjalankan beberapa container pada host tertentu secara bersamaan.

Solomon Hykes memperkenalkan Docker di PyCon pada tahun 2013. Beberapa bulan kemudian, docker resmi diluncurkan pada tahun 2014

Sejak itu, docker menjadi sangat populer di kalangan pengembang asing, tetapi belum di Indonesia. Fitur Docker

Sekarang setelah kita mengetahui tujuannya, mari kita beralih ke fitur Docker yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Mesin Docker
    Yang pertama adalah mesin docker. Ini digunakan untuk membuat gambar dan wadah.

  • Docker hub
    Selanjutnya adalah Docker Hub. Ini adalah indeks yang berisi kumpulan gambar. Anda dapat mengumpulkan gambar dengan stasiun dok ini. Hub ini berbeda dengan mesin buruh pelabuhan yang hanya membuat gambar.

  • Docker Compose
    Docker Compose adalah salah satu fitur hebat yang berfungsi untuk menjalankan banyak container atau biasanya beberapa container sehingga dapat menghemat banyak waktu.

  • Docker untuk Mac
    Fitur ini perlu Anda ketahui dengan namanya. Fitur ini memungkinkan pengguna Dock untuk menggunakan container di sistem operasi Mac.

  • Docker untuk Linux
    Mirip dengan fitur sebelumnya, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan container di sistem operasi Linux.

  • Docker for Windows
    Fitur terakhir dan tentunya fitur yang paling banyak digunakan dibandingkan yang lain adalah Docker for Windows. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan container pada sistem operasi Windows.
    Kelebihan
    Docker memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan yang membuatnya populer di kalangan developer. Berikut beberapa manfaatnya.
    memiliki konfigurasi yang sederhana
    Docker memiliki konfigurasi yang cukup sederhana dan Anda dapat mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang Anda kembangkan. Dengan hanya menentukan beberapa kode, itu menciptakan lingkungan sendiri yang berbeda dari lingkungan server utama.
    Tingkat keamanan yang baik
    Docker memiliki tingkat keamanan yang baik. Ini memastikan bahwa aplikasi yang sedang berjalan tidak dapat memengaruhi penampung. Selain itu, ia juga memiliki fitur keamanan lainnya, seperti mengatur verifikasi sistem operasi, sehingga tidak akan mengubah pengaturan kecuali seseorang memiliki akses penuh.
    Berjalan di beberapa platform cloud
    Salah satu alasan Docker sangat diminati di antara banyak bisnis adalah karena dapat berjalan di beberapa platform cloud. Ini memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas dalam hal memindahkan aplikasi.

  • Dapat melakukan debug
    Keuntungan selanjutnya adalah dapat melakukan debug. Waktunya juga cukup cepat, yaitu hanya sekitar satu menit untuk menghaluskan slot gacor mpo.

  • Dapat digunakan di beberapa sistem operasi
    Anda sudah mengetahui fitur-fitur Docker yang dapat digunakan di beberapa sistem slot mpo operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Ini memfasilitasi fleksibilitas pengguna.